Ini Alasannya Mengapa Kita Harus Segera Mengampuni

Ini Alasannya Mengapa Kita Harus Segera Mengampuni

Kita hidup di dunia, dimana banyak orang memiliki karakter yang berbeda-beda dan tidak semua orang akan berpikir seperti kita berpikir. Banyak hal yang tidak dapat kita pahami dan mengerti mengenai pikiran orang lain, oleh sebab itu berpikirlah seperti yang Tuhan inginkan, yakni yang suci, mulia, sedap didengar dan penuh kebajikan agar tidak menyesal di kemudian hari.

PENGAMPUNAN.jpg

Pergaulan dan orang-orang di sekeliling kita merupakan anugerah yang Tuhan beri, jadi berusahalah membangun kehidupan yang baik dan membangun agar kita pun menjadi berkat dan terberkati pula. Namun, meski sudah melakukan seperti yang Tuhan inginkan, pasti ada saja kesalahan, kegagalan atau kekhilafan yang kita perbuat. Oleh sebab itu, jangan ragu dan malu meminta maaf kepada siapa saja, jika komunikasi kita mulai buruk dengan orang lain.

Jangan simpan sakit hati atas peristiwa buruk yang kita alami karena ulah orang lain atau diri sendiri, sebab sakit hati yang kita pendam dapat menyakiti orang lain pula dan merugikan diri kita. Sakit hati yang tidak segera dibereskan dapat menjadi celah bagi Iblis untuk menebarkan racun kepahitan di hati manusia.

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. (Kolose 3:13-14)

Firman Tuhan mengajarkan untuk sabar kepada orang lain dan menjadikan pengampunan sebagai gaya hidup kita, untuk menikmati sukacita dan damai sejahtera dari sorga karena Tuhan Yesus telah terlebih dahulu mengampuni kita.

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.  (Efesus 4:21-22)

Baca juga:

Untuk Anda yang Sulit Memaafkan Diri Sendiri, Jangan Bertindak Seperti Tokoh Ini

Ingin Menjadi Konselor Pengampunan? Ini Caranya

Ini Pentingnya Menjaga Hati Dengan Segala Kewaspadaan

Ini Alasan Kita Harus Menjadi Orang yang Sabar

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline