Jaga Buah Hati dengan Cara Ini Agar Tidak Mem-bully atau Di-bully

Jaga Buah Hati dengan Cara Ini Agar Tidak Mem-bully atau Di-bully

Kasus bullying yang akhir-akhir marak di pemberitaaan media membuat hati kita miris, apalagi berita ini sampai ke dunia international. Sebuah pembelajaran yang harus membuat kita semakin waspada sebagai orang tua.

Bullying merupakan tindakan tercela yang membawa dampak buruk bagi yang di-bully dan yang mem-bully. Menurut studi dari Brown University, mereka yang suka mem-bully akan mengalami depresi dua kali lipat dari yang di-bully, sehingga dampak ke depannya pun lebih buruk.

BULLY_.png

Tugas menjaga dan mendidik anak di zaman ini memang semakin berat, oleh karena itu mari cegah bullying dengan menjadi orangtua yang baik dan benar sesuai dengan Firman Tuhan.

#Andalkan Tuhan

Ya TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung,  perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku! (Mazmur 18:22)

Tidak ada satupun yang dapat kita andalkan dan percayai 100% di dunia ini, kecuali Tuhan. Hanya Tuhan yang dapat menjagai dan melindungi buah hati kita dengan sempurna. Selalu doakan buah hati agar perlindungan Tuhan menjauhkan dari segala kejahatan.

#Besarkan anak di lingkungan penuh kasih

Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. (Kolose 3:14)

Hanya kasih yang dapat meredam segala kejahatan, dendam, sakit hati, kemarahan dan hal buruk lainnya. Mengasihi akan membuat anak-anak tumbuh dalam perasaan hati yang penuh empati, berbelas kasihan, mudah mengampuni dan tidak suka menyakiti.

#Bersosialisasi

Tetapi Samuel yang muda itu, semakin besar dan semakin disukai, baik di hadapan TUHAN maupun di hadapan manusia. (1 Samuel 2:26)

Kita hidup di dunia yang penuh dengan berbagai tipe manusia, hal ini memang tidak mudah, oleh sebab itu carilah perkenanan Tuhan dahulu, maka perkenanan manusia akan menyusul. Waktu kita hidup penuh perkenan Tuhan, maka orang akan melihat teladan baik dalam diri kita dan bergaulah dengan semua orang tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan apapun karena Tuhan menempatkan kita di tengah dunia ini untuk menjadi terang bagi semua orang.

Baca juga:

5 Cara Tunjukkan Kasih Sayang Agar Anak Merasa Berharga

Ini Alasan Mengapa Kita Harus Mengucap Syukur

Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Merasa Kesulitan Mendidik Generasi Zaman Now? Anda Perlu Hal Ini

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline