Merasa Kesulitan Mendidik Generasi Zaman Now? Anda Perlu Hal Ini

Merasa Kesulitan Mendidik Generasi Zaman Now? Anda Perlu Hal Ini

Ini zaman milenial, sebuah zaman dimana kemajuan digital bertumbuh sangat maju dan banyak peran manusia terganti oleh kecanggihan internet, kecanggihan mesin pencari dan kecanggihan teknologi mutakhir lainnya. Hal ini berdampak baik sekaligus buruk, salah satunya terhadap para orangtua atau guru dalam mendidik.

didik

Banyak para orangtua yang mengeluh dalam mendidik anak-anak mereka, karena anak-anak ada masa kini sulit sekali diberi nasehat. Tak hanya para orangtua, para guru di sekolah, guru Sekolah Minggu dan para pengajar pun mengeluhkan orang-orang yang diajar karena anak-anak masa kini kurang mendengarkan nasehat mereka.

Dalam hal ini, kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, entah anak-anak masa kini yang agak cuek dengan orang tua atau para guru, kita juga tidak bisa menyalahkan sikap konvensional para orangtua atau guru yang tidak bisa diterima anak-anak muda. Kita pun tidak dapat menyalahkan derasnya kemajuan industri digital hari-hari ini.

joshua-to-succeed-moses.jpg

Mari belajar dari Musa ketika akan mendelegasikan tongkat kepemimpinan bangsa Israel kepada Yosua. Musa dengan taat mengikuti perintah Tuhan untuk memberkati Yosua dan mengimpartasikan wibawa Ilahi yang dimilikinya kepada Yosua.

Dan berilah dia sebagian dari kewibawaanmu, supaya segenap umat Israel mendengarkan dia.  (Bilangan 27:20)

Kita tahu betapa tegar tengkuknya bangsa Israel, baru saja diberi makan roti dari surga lalu berbuat dosa lagi, baru saja melihat mujizat air keluar dari batu lalu membuat Tuhan murka lagi, baru saja dibawa Tuhan berjalan di atas tanah kering di tengah lautan lalu menyakiti Tuhan lagi.

Betapa sulitnya berbicara dengan umat Israel pada masa itu, bukan? Yosua sebagai asisten Musa tentu mengalami ketakutan, kuatir dan tidak percaya diri untuk mengemban tugas besar sebagai pemimpin bangsa ini. Itulah sebabnya Allah membekali Yosua dengan kuasa-Nya melalui urapan Musa, karena tidak ada cara lain untuk mendidik bangsa yang sulit diatur tanpa wibawa Allah.

Para orangtua dan para pendidik generasi milenial ini, tidak ada kuasa atau metode apapun yang dapat membantu Anda mendidik generasi ini, kecuali dengan meminta wibawa Ilahi turun atasmu dan membekali diri dengan Roh Pengenalan akan Tuhan setiap hari, sehingga setiap anak yang tidak menurut pada didikan dari orang yang penuh wibawa Ilahi akan menyesal dan binasa.

Setiap orang yang menentang perintahmu dan tidak mendengarkan perkataanmu, apapun yang kauperintahkan kepadanya, dia akan dihukum mati. Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu! (Yosua 1:18)

Baca juga:

Pentingnya Mengajari Anak Berdoa Sejak Dini

Kesalahan dalam Mendidik Anak

Jika Kau Sangat Putus Asa, Baca Dulu Kisah Wanita yang Lahir Tanpa Tulang Belakang Ini

Tanpa Kita Sadari Kebiasaan Ini Membuat Kita Tidak Disukai

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline