Pahlawan Iman Ini Dipakai Tuhan Luar Biasa, Tapi Hidupnya Berakhir Tragis

Pahlawan Iman Ini Dipakai Tuhan Luar Biasa, Tapi Hidupnya Berakhir Tragis

Dunia kekristenan pernah memiliki pahlawan iman yang dipakai Tuhan secara luar biasa bernama William Branham. Konon ia merupakan “Benny Hin” di masanya, namun hidupnya dengan menyedihkan dan tragis dan kisahnya menjadi contoh pelajaran kegagalan yang kerap diceritakan para hamba Tuhan internasional.

220px-Branham_1

William lahir di tengah keluarga sederhana di Kentucky, AS. Kelahirannya ditandai peristiwa supranatural yang membuat para tetangganya kaget, sebab tiba-tiba sebuah cahaya masuk melalui jendela kamar rumah keluarga William dan turun di atas tempat tidur William. Pemeliharaan Tuhan sangat luar biasa dalam hidup William karena saat itu keluarganya tengah mengalami keterpurukan ditambah adai salju yang melanda hampir saja membuat William mati beku.

Namun, William memiliki kehidupan yang buruk seperti suka mabuk dan merokk sehingga Tuhan harus menegurnya langsung secara audible agar ia berubah, tetapi tidak berubah. Beberpa kali Willaim seharusnya meninggal karena kecelakaan gas di tempat kerjanya serta karena operasi yang dilakukannya. Setelah selalu sembuh dan selamat, tetapi belum juga mendengar panggilan Tuhan, maka Tuhan mengambil pulang istri dan anaknya lewat banjir besar yang melanda tempat tinggalnya.

Setelah “disapa” Tuhan berkali-kali, barulah William menuruti kata Tuhan dengan menjadi hamba Tuhan. Pertama kali Tuhan memakainya untuk mendoakan gadis cilik di St. Louis yang sekarat dan sembuh. Sejak saat itu pelayanannya semakin besar dan Tuhan memakainya melalui KKR besar dalam pelayanan kesembuhan, bahkan membangkitkan orang mati pada Juni 1946.

Branham_2.jpg

Di tengah pelayanannya, muncullah banyak hamba Tuhan yang juga diurapi Tuhan kala itu juga dipakai Tuhan secara luar biasa. Hal ini menimbulkan kesombongan dalam diri dan memberi pengajaran yang sesat kepada jemaat. Lembaga pelayananya pun mengalami defisit keuangan, sementara ia dikelilingi oleh pengikut yang hanya memanfaatkan dan oportunis.

Sepanjang tahun 1960-an pamornya mulai redup karena ia menyalahgunakan nubuatan dan menyimpang dari Firman Tuhan serta mengajarkan kesesatan, misalnya neraka tidak kekal, meramalkan peristiwa internasional, mengajarkan bahwa wanita bukan ciptaan Tuhan dan lainnya.

Tahun 1965 ketika pulang dari khotbah selepas perayaan Thanksgiving, William mengemudi mobilnya bersama keluarganya, namun seorang pengemudi yang sedang mabuk menikungnya dan menabrak mobil William sehingga ia terpental keluar. Kecelakaan ini membuatnya koma selama enam hari kemudian meninggal pada 24 Desember 1965, dalam usia 56 tahun.

Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima. (2 Korintus 6:1)

Baca juga:

Kathryn Kuhlman, Wanita Allah yang Penuh Urapan

Mengenal Pola Pikir Allah

Menjadi Orang Yang Dipercayakan Rahasia Allah

Jika Kau Sangat Putus Asa, Baca Dulu Kisah Wanita yang Lahir Tanpa Tulang Belakang Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline