Atasi Tantangan Hidup dengan Cara Alkitabiah

Atasi Tantangan Hidup dengan Cara Alkitabiah

Dalam hidup ini kita pasti menghadapi banyak tantangan yang berpotensi melemahkan iman kita, oleh karena itu kita harus memiliki kunci mengatasinya agar dapat keluar menjadi pemenang. Alkitab telah memberikan jalan keluar dalam setiap jenis tantangan, sebab itu kita harus mempelajari dan melakukannya.

PERGUMULAN.jpg

  1. Dengan menggunakan tangan Tuhan

Pada waktu itu juga tampaklah jari-jari tangan manusia menulis pada kapur dinding istana raja, di depan kaki dian, dan raja melihat punggung tangan yang sedang menulis itu. (Daniel 5:5)

Ada tantangan yang hanya dapat kita atasi dengan menggunakan tangan Tuhan secara langsung, sebab tantangan ini sangat berat, seperti yang dialami Daniel saat melihat kesombongan raja Belsyazar ketika menggunakan perabot Bait Allah untuk berpesta. Atasi musuh yang berat dengan meminta pertolongan tangan Tuhan yang kuat.

  1. Dengan kesabaran

Dan dibawa-Nya aku ke pintu pelataran, aku melihat, sungguh, ada sebuah lobang di dalam temboknya. Firman-Nya kepadaku: “Hai anak manusia, perbesarlah lobang yang di tembok itu!” Sesudah aku memperbesar lobang itu, lihat, ada sebuah pintu. (Yehezkiel 8:7-8)

Dalam hidup kita, ada hal-hal yang baru dapat diatasi dengan kesabaran hati. Dalam kesabaran terdapat jalan keluar yang sudah Tuhan siapkan. Inilah yang dialami nabi Yehezkiel saat melihat ada kekejian di Bait Allah.

  1. Dengan memanjat

Seperti pahlawan mereka berlari, seperti prajurit mereka naik tembok; dan mereka masing-masing berjalan terus dengan tidak membelok dari jalannya. (Yoel 2:7)

Jika masalah yang kita hadapi terlalu tinggi, maka kita harus memanjatnya. Minta kekuatan Tuhan untuk memanjat ke atas dan menaklukan masalah. Hal ini yang difirmankan Tuhan kepada nabi Yoel bagi umat Israel dalam memerangi musuh.

  1. Melompat

Karena dengan Engkau aku berani menghadapi gerombolan, dan dengan Allahku aku berani melompati tembok. (Mazmur 18:30)

Keberanian melompati masalah atau membuat terobosan berasal dari Tuhan dan untuk mendapatkannya harus meminta kepada Tuhan agar Roh Keperkasaan-Nya meliputi kita.

  1. Deklarasi

Lalu bersoraklah bangsa itu, sedang sangkakala ditiup; segera sesudah bangsa itu mendengar bunyi sangkakala, bersoraklah mereka dengan sorak yang nyaring. Maka runtuhlah tembok itu, lalu mereka memanjat masuk ke dalam kota, masing-masing langsung ke depan, dan merebut kota itu. (Yosua 6:20)

Ada masalah-masalah yang dapat diatasi dengan mendeklarasikan firman Tuhan dan bersorak-sorak bagi Tuhan, seperti umat Israel yang merobohkan tembok Yerikho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline