Ketika Anda Dilupakan

Ketika Anda Dilupakan

Pernahkah Anda memberikan pertolongan atau menyelamatkan orang lain di saat mereka membutuhkan, tapi kemudian Anda dilupakan bahkan diabaikan oleh mereka sendiri? Seringkali sikap tidak berterima kasih seperti itu menyebabkan kekecewaan, kepahitan dan kemarahan dalam hati. Situasi seperti ini amat relevan dengan apa yang kehidupan kita sebab kita pun sering merasakan hal itu.

Mari belajar dari kisah Yusuf, bagaimana ia menjalani hal tidak menyenangkan tersebut, bahkan Yusuf melewatinya berkali-kali. Yusuf pernah dilupakan oleh kakak-kakaknya sebagai adik yang harus dilindungi, namun malah dimasukan ke sumur dan dijual. Yang paling menyedihkan saat Yusuf dilupakan oleh kepala juru minuman raja Firaun yang sudah berjanji akan menolong Yusuf.

Tetapi Yusuf tidaklah diingat oleh kepala juru minuman itu, melainkan dilupakannya. (Kejadian 40:23)

DILUPAKAN.jpg

Bila dilperhatikan kisah ini, Yusuf seolah-olah dibuat Tuhan untuk mendapatkan perlakuan semena-mena, bahkan sampai ia dipenjara. Namun, sebenarnya “Tuhan menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat Tuhan berhasil (Kejadian 39:23).

 

Banyak orang yang akan kecewa jika kebaikannya dilupakan orang lain, apalagi tidak dibalas dengan ucapan terima kasih. Jika kita berada dalam posisi Yusuf pun mungkin kita akan pernah percaya lagi pada orang yang telah melupakan kita tersebut, bahkan mungkin kita berpotensi sulit memercayai siapapun juga.

Banyak orang memilih menarik diri dalam pergaulan atau hubungan dengan orang yang telah menimbulkan penderitaan, tetapi Tuhan ingin agar hati kita tidak dipenuhi perasaan tersinggung, kepahitan dan kekecewaan. Tentu saja sangat tidak menyenangkan bila kita ditinggalkan begitu saja setelah melakukan kebaikan, tetapi bila kita mengenal Tuhan maka ayat ini akan berlaku dalam hidup kita sehingga kita tidak akan merasa terluka.

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. (1 Korintus 10:13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline