Lima Cara Menjalani Hidup dalam Tekanan

Lima Cara Menjalani Hidup dalam Tekanan

Alkitab adalah buku petunjuk yang tepat bagi orang-orang yang hidup dalam Tuhan Yesus. Dalam ayat-ayat firman Tuhan, kita akan diberitahu bagaimana cara menghadapi kerasnya kehidupan ini, tentu saja semua itu kita ketahui dengan cara membacanya dan merenungkan dalam tuntunan Roh Kudus. Berikut ini lima petunjuk untuk menjalani kehidupan jika kita merasa tertekan dengan beratnya kehidupan ini versi kitab Yesaya 54.

JALAN.jpg

  1. Bersorak dalam derita

Bersorak-sorailah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembiralah dengan sorak-sorai (Yes 51:1a)

Penderitaan yang kita akan alami tidak akan abadi, semua derita ada masa akhirnya, jadi bersorak-sorak dan muliakanlah Tuhan dalam derita kita. Jangan gunakan mulut untuk mengeluh, melainkan lebih banyak memuji Tuhan, dan mengagungkan kebesaran Tuhan, sebab Tuhan lebih besar daripada masalah kita.

  1. Terus bersorak

….dan memekiklah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami, firman TUHAN (Yes 54:1b)

Tuhan justru meminta kita lebih kuat dalam bersorak memuji Tuhan, yakni dengan memekik. Memekik artinya berteriak. Tentu Tuhan ingin kita berteriak kepada-Nya dengan segenap hati dan kekuatan yang telah Tuhan berikan, sebab Ia telah menyediakan sebuah hal besar setelah masa berat itu usai.

  1. Bertekun dengan ketepatan

Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! (Yes 54:2)

Dalam menjalani beratnya hidup ini, mari bijak dalam bergaul, carilah orang atau komunitas yang setia dalam Tuhan. jangan pernah kikir dengan apa yang kita miliki, teruslah menabur dan perbesar kapasitas kita dengan memaksimalkan talenta untuk melayani Tuhan dan bekerja.

  1. Semakin mempercayai Tuhan

Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi. (Yes 54:3)

Tuhan mempunyai rencana yang besar bagi kita, kalau saat ini belum kelihatan, semakin percayalah kepada-Nya. Tidak ada rancangan buruk dari Tuhan, kita hanya perlu bersabar dan semakin percaya.

  1. Jangan takut

Janganlah takut , sebab engkau tidak akan mendapat malu, dan janganlah merasa malu, sebab engkau tidak akan tersipu-sipu. Sebab engkau akan melupakan malu keremajaanmu, dan tidak akan mengingat lagi aib kejandaanmu. (Yes 54:4)

Ini yang sering menghinggapi hati kita, yakni ketakutan. Itulah sebabnya Tuhan selalu mengatakan jangan takut, sebab Ia tahu kita sering terperangkap dalam pikiran sia-sia. Ketakutan berasal dari si jahat, sedangkan Tuhan mendatangkan damai sejahtera. Perkatan firman dengan tekun dan kita akan melihat janji-Nya digenapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline