Menemukan Potensi Diri Anda

Menemukan Potensi Diri Anda

“Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya.” (Amsal 14:8).

Bagaimana Anda merencanakan kehidupan ini? Bagaimana jika Anda sudah membuat berbagai perencanaan yang Anda impikan, tetapi tidak tercapai dalam hidup Anda? Banyak hal yang membuat Anda tidak akan pernah mendapatkan apa yang diinginkan karena tidak mengetahui potensi diri, oleh karena itu kenalilah terlebih dahulu potensi diri Anda, setelah itu barulah Anda dapat membuat perencanaan hidup.

POTENSI DIRI.jpg

Perencanaan berarti mengevaluasi hidup Anda dengan segala informasi mengenai apa saja yang sudah Anda lalui, untuk memberikan gambaran tentang dimana posisi Anda sekarang dan kemana Anda akan melangkah maju. Tommy Newberry, penulis buku The 4:8 Principle menjelaskan ada 3 hal yang harus Anda perhatikan jika ingin menemukan potensi diri Anda.

  1. Benahi emosi Anda

Untuk dapat siap memulai sesuatu yang baru, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan segala hal buruk di masa lalu. Mulailah dengan mengampuni orang lain, tanpa terkecuali dan serius melakukannya. Setelah itu, ampunilah diri Anda sendiri atas segala hal bodoh, pikiran negatif, keputusan yang salah, tingkah laku yang buruk dan semua hal yang tidak baik. Berkat emosional akan tercurah setelah setelah kita memberikan pengampunan dan ucapkanlah syukur atas pemulihan yang Tuhan berikan.

  1. Tentukanlah tujuan-tujuan Anda

Semakin jelas dan terukur visi yang Anda miliki, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk dapat mencapainya. Oleh karena itu buatlah perencanaan dengan sangat hati-hati agar Anda dapat menikmati sukacita dan gairah dalam menjalankannya. Dengan membuat perencanaan yang baik berarti Anda akan menghadirkan masa depan yang baik juga. Ingatlah bahwa hari esok merubah hari ini.

  1. Temukan nutrisi bagi mental Anda

Untuk mengalami awal yang baik maka penting bagi Anda untuk memberi makan pikiran Anda dengan nutrisi mental yang positif. Nutrisi mental yang positif adalah input produktif yang dihasilkan dari apa yang konsisten Anda baca, lihat dan dengarkan. Apa saja yang Anda baca, lihat dan dengarkan akan mempengaruhi karakter dan tingkah laku.

Untuk mendapatkan sebuah potensi diri yang maksimal maka Anda harus menaruh pola pikir pada tingkat pemikiran yang bijaksana, penuh inspirasi dan terus meningkat. Hindarilah sikap suka menggosip, suka memprotes, mengutuk, mengritik dan menyalahkan. Manfaatkanlah kesempatan baik yang menghampiri dan penuhilah diri Anda dengan semua hal positif.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline