5 Strategi Untuk Mengelola Uang Anda

5 Strategi Untuk Mengelola Uang Anda

Setiap orang adalah “Seorang Pengelola” dari keuangannya sendiri, maksudnya adalah orang tersebut berhak mengatur sumber daya keuangannya agar mendapat keuntungan. Oleh karena itu, untuk dapat mengelola keuangan yang tepat, Anda membutuhkan strategi yang benar pula.

Bagimana Anda mengatur keuangan merupakan resprestasi dari kehidupan kerohanian Anda, yang dapat memberi dampak pada kehidupan kekal setelah Anda tidak ada di dunia ini. Untuk itu, mari belajar mengelola keuangan dengan benar dengan strategi yang diberikan Bob Barber, CEO Christian Investment Service.

MENGATUR UANG.jpg

  1. Rencanakan tujuan hidup Anda

Melakukan hal ini akan membentuk fondasi untuk strategi-strategi selanjutnya. Sebelum uang Anda dapat dikelola dengan benar, Anda terlebih dahulu harus mengindentifikasi nilai-nilai dasar. Idealism-idealisme dasar ini selanjutnya akan mengarahkan Anda. Buatlah skala prioritas dimulai dengan hal-hal yang yang terpenting dalam hidup Anda. Mulailah dengan hubungan Anda bersama Tuhan sebagai prioritas pertama.

  1. Dapatkan nasihat yang benar

Jika Anda bingung dalam menghitung pajak atau merencanakan budget, jangan pernah berandai-andai dan akhirnya tersandung kemudian. Akuilah bahwa Anda membutuhkan pertolongan. Berbicara dengan orang-orang professional dan ahli dalam bidang ini terbukti dalam banyak kasus, sangatlah membantu. Cari dan temui orang yang dapat Anda percayai atau orang-orang yang direkomendasi teman-teman Anda.

  1. Rencanakan masa pensiun

Kebanyakan orang tidak mau bekerja seumur hidup dan memang seharusnya begitu. Untuk mulai merencanakan masa pensiun, mulailah dengan menyusun strategi. Tetapkan kapan Anda ingin pensiun dan kemudian buatlah perhitungan berapa banyak biaya yang Anda perlukan setiap tahun untuk hidup, setelah Anda benar-benar pensiun.

  1. Aturlah pengeluaran bulanan Anda

Cara terbaik untuk mempertahankan gaji selama sebulan adalah menghitung berapa pemasukan dan pengeluaran Anda. Jangan melakukan ini dengan hanya menghapal di kepala saja karena Anda pasti membuat kesalahan. Sebaiknya buatlah catatan atau program dalam perangkat lunak komputer. Uang yang Anda hitung adalah uang yang sudah Anda potong pajak penghasilan.

  1. Melindungi dan menghindari resiko

Berbicara mengenai resiko, kuncinya adalah menjaga keseimbangan. Kita memiliki keterbatasan dalam mempersiapkan rencana cadangan. Pasti ada saja yang tidak terpikir. Tapi sebuah rencana yang matang akan mencegah Anda untuk kehilangan uang dan asset secara bersamaan. Salah satu hal yang paling aman bagi Anda adalah milikilah asuransi, misalnya asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan dan lainnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline