Inilah Alasan Kita Harus Berjalan dengan Orang Lain

Inilah Alasan Kita Harus Berjalan dengan Orang Lain

Alkitab seringkali membandingkan hidup ini dengan berjalan karena hidup ini ibaratnya sebuah perjalanan. Kita tidak duduk diam. Di sepanjang Perjanjian Baru, kita diperintahkan untuk berjalan di dalam hikmat, kasih, terang, dan ketaatan. Kita diperintahkan untuk berjalan seperti jalan Yesus. Kita juga diperintahkan untuk berjalan bersama-sama dengan orang lain.Inilah tiga alasan mengapa kita harus berjalan bersama dengan orang lain:

Jalan.jpg

  1. Lebih aman

Pernahkah kita berjalan sendirian di malam hari melewati lorong gelap atau menyusuri jalan pedesaan yang sepi? Itu sedikit menakutkan. Tetapi jika ada orang lain yang menemani kita maka kita akan merasa lebih aman.

  1. Lebih ringan

Hidup ini bukanlah perlombaan lari jarak pendek, melainkan sebuah marathon. Berjalan bersama orang lain memberi kita energi lebih untuk terus berlari hingga garis akhir.

  1. Lebih pintar

Kita lebih banyak belajar dengan berjalan bersama orang lain ketimbang berjalan sendirian.Jika kita berjalan sendiri ke arah yang salah, mungkin kita tak akan menyadarinya. Tetapi jika ada teman di samping kita, salah satu dari kita kemungkinan akan menyadari bahwa kita telah berbelok arah dan perlu menemukan arah yang benar.

Kita juga belajar mengasihi

“TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” (Kejadian 2:18)

Tuhan membenci kesepian, maka komunitas orang percaya adalah jawaban Tuhan atas kesepian. Ketika kita berjalan bersama orang lain, kita menemukan komunitas, tempat di mana kita belajar cara mengasihi. Dan berjalan bersama orang lain juga mengajarkan kita tentang keramahan.

“Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut.” (1 Petrus 4: 9)

Mulai sekarang mari membuang semua sifat yang membuat kita sungkan, tidak membuka rumah untuk teman-teman kita dengan berbagai alasan.

“Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka” (Matius 18:20).

Semua orang memiliki kerinduan untuk saling memiliki, sebab Tuhan menciptakan kita untuk memiliki hubungan. Ketika kita berjalan bersama orang Kristen lainnya di dalam komunitas, kita mendapati kerinduan itu terpenuhi.

Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan  kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. (Kolose 2:6)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline