Merawat Cinta dalam Pernikahan

Merawat Cinta dalam Pernikahan

Pernikahan merupakan lembaga yang Tuhan berkati untuk menjadi berkat bagi gereja dan bangsa, oleh karena itu pernikahan memiliki peranan yang sangat penting dalam gereja dan juga negara. Sebuah pernikahan yang sehat akan menjadikan keluarga yang damai dan keluarga yang damai akan membuat negara menjadi kuat. Oleh karena kita harus memiliki pernikahan yang sehat dan harmonis, tetapi tidak mudah menjaga pernikahan agar selalu seperti yang kita inginkan karenanya diperlukan keterampilan dalam merawat pernikahan agar tetap sehat dan harmonis.

Tetap Memprioritaskan Pasangan

Prioritas utama secara horizontal dalam pernikahan adalah pasangan. Bagi suami, istri adalah prioritas pertama, sedangkan bagi istri, suami adalah utama. Setelah kehadiran anak-anak dalam pernikahan, tanpa disadari sering terjadi pergeseran prioritas dari pasangan kepada anak-anak. Khususnya, suami sering merasa kurang diperhatikan oleh istri setelah kelahiran anak pertama, keadaan ini bahkan sering menjadi pemicu perselingkuhan.

Menjaga dan Memberi Waktu untuk Sharing Secara Terbuka

Pola komunikasi antara laki-laki dan istri memang berbeda, laki-laki cenderung memberikan penilaian singkat kepada pasangan bicaranya, sementara pola bicara wanita cenderung hanya memberi laporan. Para istri biasanya kerap melaporkan mulai dari hal-hal kecil, apalagi satu hal yang tidak ada kaitannya dengan pokok yang lain, merupakan beban berat bagi para suami untuk dapat mendengarkan secara baik. Pasangan suami istri hendaknya berusaha semaksimal mungkin untuk berkomunikasi secara menyeluruh.

pernikahan-menikah-mariage.jpg

Menikmati Liburan Bersama

Waktu liburan memang penting diatur secara baik karena memerlukan biaya dan juga saat cuti perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Liburan juga tidak harus ke luar negeri. Di dalam negeri pun banyak tempat tujuan wisata yang sangat bagus. Apabila ada kesamaaan pendapat antara pasangan, segala sesuatu dapat dirembukkan secara terbuka.

Mengadakan Mezbah Keluarga

Mengadakan doa berjemaah dalam keluarga merupakan sarana yang dapat mengikat satu pribadi dengan pribadi yang lain dalam satu keluarga. Ikatan spiritual yang dimiliki oleh keluarga dapat membawa kepada ikatan emosional sehingga akhirnya memberi dampak kepada kedekatan secara fisik. Ikatan atau kedekatan spiritual hanya dapat diciptakan melalui kegiatan-kegiatan spiritual.

Mengikuti Seminar Pasutri dan Keluarga

Untuk menajdi suami istri yang baik perlu terus menerus belajar, tidak hanya di awal pernikahan tetapi selama usia pernikahan, karena pasangan suami istri penting sekali memilki kesiapan untuk menjadi yang lebih baik dan lebih baik lagi, salah satunya dengan mengikuti seminar pasutri dan keluarga. Seminar seperti ini bukan hanya penting diikuti bagi mereka yang sedang bermasalah atau sedang cek cok, tetapi juga bagi mereka yang ingin keluarganya lebih baik lagi.

Tentunya untuk menjadi semakin lebih baik lagi diperlukan berbagai usaha dan bahkan harus rela berinvestasi tenaga, waktu dan materi demi membangun dan mencipatakan hubungan suami istri yang harmonis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline