Dear Pelaku Bisnis Online, Jangan Lupakan yang Satu Ini Jika Ingin Maju

Dear Pelaku Bisnis Online, Jangan Lupakan yang Satu Ini Jika Ingin Maju

Kemajuan tekhnologi yang sangat deras sekarang ini memudahkan kita untuk melakukan apa saja, termasuk melakukan transaksi bisnis dengan mudah. Semua orang bisa dengan mudah mendapatkan uang hanya dengan mengunggah foto suatu barang atau menjual jasa. Inilah yang membuat bisnis online menjamur dan membuat siapa saja dari kalangan tua dan muda, laki-laki atau perempuan mencicipi bisnis online.

Selain mudah, bisnis online memang sangat efisien sebab bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kita pasti sudah pernah mendengar ada siswi SMA yang berhasil menjadi jutawan hanya dengan menjadi reseller barang-barang fashion. Menyenangkan, bukan?

Tapi, ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan sebagai pelaku usaha online, yaitu membayar pajak. Pemerintah telah membuat Undang-Undang bagi pelaku UMKM dengan menetapkan besarnya pajak sebesar 1% dari pendapatan. Jadi, jika pendapatan berjualan online pada satu bulan mencapai RP 2.000.000, maka kita wajib membayar pajak Rp 20.000 pada bulan tersebut.

Pajak.jpg

Mengurus administrasi pajak pada zaman ini tidak sulit, jika Anda telah memiliki NPWP (Nomer Pokok Wajib Pajak) maka Anda dapat melakukan pembayaran pajak setiap bulan melalui ATM dan pada setiap awal tahun dapat mengisi SPT Pajak di kantor pajak atau melalui transaksi online dengan mengunduh SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan)  di website pajak Indonesia. Para petugas pajak pun sangat koorperatif dan ramah sehingga membantu pengunjung kantor pajak jika mengalami kesulitan pembayaran.

Dengan membayar pajak sesuai dengan peraturan pemerintah, kita bukan saja sudah menjadi warga negara yang baik tetapi juga telah melakukan perintah Tuhan Yesus untuk membayar kewajiban kita kepada negara.

Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar  apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.” (Matius 22:21B)

Membayar pajak adalah salah satu kunci melakukan pengelolaan keuangan sesuai Alkitab, sebab kunci kemajuan bisnis kita ditentukan dari sejauh mana ketaatan kita melakukan perintah Tuhan Yesus. Mari membayar apa yang harus kita serahkan kepada negara dan jangan menjadi pencuri dengan mengurangi nilainya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline